apa itu baja ringan

4 Tips Memilih Baja Ringan untuk Pengerjaan Bangunan

Diposting pada

Pernahkah Anda mendengar apa itu baja ringan dalam konstruksi bangunan? Bagi Anda yang bergelut di bidang konstrusksi tentunya harus mengetahui hal tersebut. Salah satu bahan bangunan yang satu ini memang digunakan dalam pengerjaan konstruksi bangunan, khususnya untuk pembangunan atap.

Apa Itu Baja Ringan dan Penggunaannya

apa itu baja ringan dan penggunaannya - 4 Tips Memilih Baja Ringan untuk Pengerjaan Bangunan

Baja ringan merupakan baja karbon yang memiliki sifat kaku sehingga keberadaannya banyak digunakan untuk konstruksi. Namun ternyata material bangunan yang satu ini pun kerap digunakan untuk hal-hal lain, seperti pembuatan rangka kendaraan (mobil), pembuatan alat listrik, hingga senjata api. Barangkali, itulah yang menyebabkan baja ringan cukup populer dan menjadi kelebihan baja ringan.

Sebetulnya, apa yang menyebakan material bangunan baja ringan ini populer dalam penggunaannya dalam pengerjaan proyek konstruksi? Salah satunya adalah desainnya yang menarik serta bahan pembuatannya pun tahan lama. Hal itulah yang menjadi menjadi faktor penentu mengapa masyarakat memakai baja ringan untuk penggunaanya pada penutup atap.

Namun, disamping kepolpulerannya, banyak hal yang juga harus diperhatikan dalam penggunaan material bangunan yang satu ini. Hal tersebut dilakukan supaya pengerjaan bangunan berlangsung dengan baik dan dapat melakukan fungsinya yang sesuai.

Memilih Baja Ringan yang Baik

kelebihan penggunaan baja ringan - 4 Tips Memilih Baja Ringan untuk Pengerjaan Bangunan

Setelah Anda mengetahui apa itu baja ringan dan penggunaannya, tentu Anda pun harus mengetahui bagiamana cara memilih material bangunan yang satu itu supaya standar bangun gedung dapat dilakukan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan sebelumnya yang sudah ditentukan.

Berikut ini adalah beberapa tips supaya Anda tidak salah memilih baja ringan yang tepat untuk pengerjaan konstruksi bangunan:

1. Periksa Kualitas Baja Ringan

Kualitas dari baja ringan itu sendiri dapat dilihat dari nilai tegangan tarikan. Setidaknya, baja ringan yang Anda pilih itu harus memiliki nilai tegangan tarikan 550 Mpa. Hal inidilakukan supaya bangunan dapat berdiri kokoh untuk menopang berbagai jenis atap.

Pengecekan kualitas baja ringan juga bisa dilakukan dengan melihat lapisan anti korosi yang digunakan. Di pasaran, terdapat baja ringan yang dilapisi zinc yang disebut galvanis dengan harga yang murah dan tahan terhadap campuran semen. Ada juga baja ringan dengan lapisan galvaume yang tahan terhadap zat-zat korosif namun tidak tahan terhadap semen, umumnya banyak digunakan pada bangunan yang terletak di kawasan pantai.

2. Perhatikan Sistem Penguat Pada Baja Ringan

Baja ringan memiliki bentuk yang umumnya jauh lebih tipis ketimbang baja konvensional. Inilah yang menyebabkan baja ringan jauh bersifat lebih fleksibel untuk dipasangkan ke berbagai bentuk atap. Namun hal ini pun berpengaruh terhadap kekakuan baja ringan karena meskipun sangat kokoh dalam menopang beban, namun berisiko melengkung bahkan roboh jika pemasangannya tidak tepat.

Apabila Anda membeli baja ringan, baiknya kamu turut menyiapkan batang penyangga (bracing) dalam jumlah yang memadai sesuai jumlah baja ringan yang akan digunakan pada bangunan.

3. Pilih Baja Ringan Pre-fabrikasi

Metode pre-fabrikasi merupakan model pemasangan baja ringan yang sebelumnya sudah dipotong-potong oleh pabrik.

Dengan memilih baja ringan yang memiliki model pre-fabrikasi, para tukang bisa bekerja lebih efisien karena tak perlu melakukan penghitungan dan pengukuran manual pada proses pemasangannya. Tidak hanya itu. pemilihan baja ringan pre-fabrikasi juga memiliki jaminan rapi dan akurat.

4. Pilih Baja Ringan yang Bergaransi

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih baja ringan, pastikan bahwa baja ringan yang Anda beli memiliki garansi. Perlu diketahui bahwa garansi baja ringan tersebut tak hanya berlaku untuk pemakaian dan instalasi saja, melainkan garansi produksi yang menyatakan bahwa ketahanan baja ringan telah diuji coba sesuai dengan standar tertentu.

Jika Anda memerlukan jasa konsultan sipil dan bangunan, Anda bisa menggunakan jasa dari PT. Adhyaksa Persada Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *