apa itu gangguan kecemasan anxiety disorder

4 Jenis dan Penyebab Anxiety Disorder Serta Apa Saja Cirinya?

Diposting pada

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder merupakan masalah kejiwaan yang bisa menyerang siapa saja. Siapapun yang mengalaminya, mungkin anda saat ini pastinya ingin cepat sembuh. Karena memang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas keseharian. Rasa cemas atas berbagai hal yang bisa muncul kapan saja tanpa ada sebab yang jelas hingga munculnya rasa cemas yang berlebihan (lebay).

Sering juga dikaitkan dengan istilah panic attack (serangan panik) yang bisa datang kapan saja tanpa sebab yang jelas secara konsisten dan berulang-ulang. Penyakit seperti ini memang sangat mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Anda yang seharusnya bahagia tidak dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup anda. Punya uang sebanyak apapun tidak berpengaruh jika anxiety disorder ‘menjajah’ dan mengendalikan diri anda. Tentu saja yang dinamakan anxiety disorder ini bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele. Karena mereka (penderitanya) umumnya tidak mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya, meskipun sebenarnya mereka tahu persis dengan kondisinya.

Anxiety disorder adalah gangguan cemas yang berlebihan. Berarti kecemasan yang berada diluar nalar manusia normal, “kenapa anda sangat cemas?, padahal tidak ada yang harus dicemaskan”. Jadi sebaiknya ubah semua fikiran negatif dikepala anda saat ini juga.

Bagi orang normal merasa cemas adalah hal biasa, contohnya ketika menghadapi ujian sidang skripsi. Mereka bisa melaluinya meskipun ada perasaan cemas ketika menghadapinya. Bagi penderita yang mengalami gangguan panik, hal ini menjadi sesuatu hal yang luar biasa sulitnya. Mereka bahkan bisa saja tidak tidur selama 2 malam sebelumnya, atau pingsan saat ujian sidang berlangsung. Apakah hal ini bisa diatasi? tentu saja sangat bisa sekali.

Apa Itu Kecemasan Berlebihan atau Anxiety Disorder

apa itu pengertian anxiety disorder e1561783493974 - 4 Jenis dan Penyebab Anxiety Disorder Serta Apa Saja Cirinya?

Kecemasan merupakan hal yang lumrah dan wajar pasti dialami setiap manusia dalam menjalani hidupnya. Cemas sendiri bisa diartikan sebagai perasaan gugup atau gelisah. Ketika anda akan menghadapi ujian kelulusan, menunggu pengumuman hasil kelulusan, menghadapi wawancara kerja, ketika akan tampil didepan umum dan sebagainya.

Rasa cemas merupakan reaksi alami tubuh terhadap stres, yang sebenarnya bermanfaat untuk membuat anda menjadi lebih berhati-hati dan waspada.

Berbeda dengan rasa cemas biasa yang lumrah dan normal terjadi pada setiap manusia, gangguan kecemasan berlebihan tidak bisa dikatakan hal yang wajar. Kondisi ini disebut sebagai gangguan kecemasan, dimana meliputi rasa cemas secara berlebihan, sulit dikontrol, atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anxiety disorder adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya memiliki kecemasan berlebihan yang diikuti rasa takut dan khawatir yang akan berpengaruh dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

4 Jenis Gangguan Kecemasan dan Cirinya

jenis jenis gangguan kecemasan anxiety disorder - 4 Jenis dan Penyebab Anxiety Disorder Serta Apa Saja Cirinya?

Setidaknya ada 4 jenis yang dapat digolongkan sebagai anxiety disorder. Keadaan gangguan kecemasan ini berbeda pada setiap penderitanya. Jika anda sedang mengalaminya mungkin bisa mengetahui dimanakah posisi dari anxiety disorder yang ada pada diri anda.

1. Gangguan Panik

Sebelum membahas tentang gangguan panik sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang dinamakan panik, serangan panik atau kepanikan.

Serangan panik (panic attack) adalah munculnya rasa takut atau gelisah berlebihan secara tiba-tiba. Kondisi yang juga disebut dengan serangan kegelisahan ini ditandai dengan detak jantung yang bertambah cepat, napas menjadi pendek, pusing, otot menjadi tegang, atau gemetar. Serangan panik dapat berlangsung selama beberapa menit atau hingga setengah jam, mungkin bisa saja lebih.

Serangan panik bisa dialami sesekali dalam hidup, yang biasanya menghilang saat keadaan atau situasi pemicunya berakhir. Namun, jika serangan panik terjadi secara berulang dan untuk jangka waktu yang lama, maka kondisi ini disebut gangguan panik.

Penderita gangguan panik akan mengalami serangan panik secara tiba-tiba dan berulang kali, tanpa alasan yang jelas. Frekuensi dan tingkat keparahannya pun bervariasi. Anda diserang rasa takut yang luar biasa selama beberapa menit, timbulnya perasaan bahwa suatu bencana akan terjadi, atau adanya ketidakmampuan untuk mengendalikan diri sekalipun sebenarnya tidak ada sesuatu yang buruk yang benar-benar terjadi. Adapun beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Berkeringat => Berkeringat bukan akibat aktivits fisik seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan pedas atau lainnya.
  • Palpitasi =>Kondisi berdebar-debar, dengan denyut jantung cepat atau tidak beraturan.
  • Merasa seperti tersedak atau sesak di dada => Semacam sesak nafas.
  • Nyeri dada => Kebanyakan mengalaminya di dada kiri, namun bisa saja di tengah atau kanan.
  • Seperti serangan jantung => Sekilas memang mirip dengan serangan jantung, meskipun dapat dibedakan cirinya.
  • Ketakutan => Rasa ketakutan yang tidak beralasan.
  • Gemetar => Tubuh anda akan bergetar hingga seperti menggigil kedinginan.
  • Merasa seperti tidak berdaya
  • Pingsan

2. Gangguan Kecemasan Sosial

Gangguan kecemasan yang satu ini mungkin sekilas mirip dengan seseorang yang punya sifat pemalu. Tapi jangan menganggap sifat pemalu yang dimiliki seseorang (misalnya teman anda) memiliki gangguan kecemasan sosial. Tidak seperti itu, karena seseorang yang mempunyai sifat pemalu umumnya masih bisa melakukan interaksi sosial atau berkomunikasi dan menjalani aktivitas sehari-hari, meskipun mungkin akan merasa malu jika harus bertegur sapa atau diajak berkenalan dengan orang lain.

Berbeda dengan seseorang yang mengalami Social anxiety disorder, mereka selalu merasa gugup dan takut berada di lingkungan baru hingga berkeringat dan merasa mual. Rasa malu atau takut berinteraksi dengan orang lain dirasakan sangat ekstrim, hingga menyebabkan kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan bersosialisasi

Social anxiety disorder (kecemasan sosial) adalah rasa ketakutan ekstrem yang muncul ketika berada di tengah-tengah banyak orang.

Beberapa ciri dan dari gangguan kecemasan sosial diantaranya :

  • Ketakutan atau enggan untuk berinteraksi dan menyapa orang lain, terutama orang yang tidak dikenal.
  • Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat rendah.
  • Menghindari bertatapan mata dengan orang lain, cenderung menundukan kepala atau mengalihkan pandangan.
  • Takut dikritik, disalahkan atau dihakimi orang lain.
  • Malu atau takut untuk bepergian ke luar rumah atau berada di tempat umum, bahkan merasa pusing jika ditengah keramaian.

3. Gangguan Kecemasan Umum (Generalized Anxiety Disorder / GAD)

Jenis anxiety disorder yang satu ini berlangsung sangat lama, tidak terkendali dan persisten (terus menerus dan cenderung meningkat, semakin bertambah parah dari waktu ke waktu). Hal ini membuat penderitanya merasakan cemas secara berlebihan yang menetap dalam waktu lama, biasanya hingga lebih dari 6 bulan. Penderita GAD akan sangat mengkhawatirkan banyak hal, misalnya keuangan, kesehatan, atau pekerjaan.

Generalized anxiety disorder adalah kecemasan kronis yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan. Jenis gangguan kecemasan ini berlangsung secara persisten dan cenderung tidak terkendali.

Penderita GAD umumnya sangat gelisah meskipun mereka sedang tidak berada dalam situasi yang menegangkan sekalipun atau baik-baik saja. Rasa khawatir dan tegang yang berlebihan sering juga disertai dengan gejala fisik (seperti gelisah, sulit berkonsentrasi, dan bahkan kesulitan tidur / insomnia).

Beberapa gejala yang biasa dirasakan oleh penderita gangguan kecemasan umum (Generalized anxiety disorder / GAD) :

  • Sering sekali mengalami tubuh gemetar dan keringat dingin.
  • Otot selau terasa tegang.
  • Pusing dan sakit kepala
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Mengalami masalah susah tidur, bahkan tidak dapat tidur sama sekali meskipun sudah sangat lelah.
  • Sering mengalami dada berdebar-debar secara tiba-tiba.
  • Sering merasa lelah tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat.
  • Merasa sesak napas dan kesulitan bernafas.
  • Merasa sering ingin buang air kecil.
  • Tidak nafsu makan.

4. Fobia spesifik

Berbeda dengan jenis anxiety disorder lainnya, orang dengan fobia spesifik akan memiliki ketakutan yang sangat berlebihan terhadap suatu objek, benda, atau situasi tertentu. Orang dengan kondisi ini mungkin akan berteriak atau menangis secara histeris ketika benda atau suatu hal yang mereka takuti ada di depan pandangannya.

Fobia spesifik adalah ketakutan yang berlebihan dan terus-terusan terhadap suatu objek, situasi, atau aktivitas tertentu yang umumnya tidak berbahaya. Contohnya fobia badut, laba-laba, ketinggian, balon, jarum, darah, rambutan dan lain sebagainya.

Orang dengan kondisi ini tahu bahwa ketakutan yang mereka alami berlebihan, tetapi mereka tetap tidak bisa mengatasinya. Beberapa gejala fisik dan emosional yang mungkin dialami orang dengan kondisi ini di antaranya:

  • Detak jantung dan napas tidak teratur ketika melihat yang ditakutinya
  • Rasa takut berlebihan hingga berkeringat sangat deras
  • Mendadak perut terasa mual ketika melihat hal yang ditakutinya.
  • Merasa marah saat di tempat atau situasi di mana terdapat hal-hal yang ditakutinya.
  • Sangat menghindari segala hal yang berhubungan dengan hal-hal yang ditakutinya.
  • Bisa saja mendadak lemas hingga pingsan saat ketakutan yang ia rasakan telah mencapai puncaknya.

Beberapa Penyebab dari Gangguan Kecemasan

penyebab dan faktor resiko anxiety disorder e1561783769708 - 4 Jenis dan Penyebab Anxiety Disorder Serta Apa Saja Cirinya?

Hingga saat ini, Penyebab gangguan kecemasan belum benar-benar diketahui secara pasti. Hal ini dikarenakan tidak seperti penyakit medis / fisik yang penyebabnya cenderung mudah untuk diketahui, misalnya sakit flu pasti berasal dari virus. Gangguan kecemasan ini tidak sama, bahkan bisa saja jauh berbeda antara penderita yang satu dengan lainnya. Meskipun demikian, secara garis besar terdiri dari dua hal yaitu dari luar dan dalam diri penderitanya.

1. Penyebab dan Faktor Resiko Gangguan Kecemasan dari Luar

Gangguan kecemasan bisa disebabkan karena kondisi medis hingga kebiasaan buruk tertentu seperti mengkonsumsi alkohol dan efek samping obat-obatan terlarang (narkoba). Dengan demikian gangguan kecemasan berasal dari respon tubuh dikarenakan ada sesuatu yang dirasakan tidak semestinya.

Dalam beberapa kasus misalnya, tanda dan gejala kecemasan merupakan indikator utama dari penyakit medis. Jika dokter mencurigai bahwa kecemasan yang Anda alami disebabkan oleh masalah medis tertentu, maka anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tertentu guna menegakkan diagnosis.

Beberapa kondisi medis yang terkait gangguan kecemasan termasuk :

  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Masalah tiroid, seperti hipertiroidisme
  • Gangguan pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan asma
  • Penyalahgunaan narkoba
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) / penyakit asam lambung
  • Kecanduan alkohol
  • Nyeri kronis atau sindrom iritasi usus
  • Tumor langka yang dapat memicu produksi hormon adrenalin atau hormon tertentu lainnya
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu.

2. Penyebab dan Faktor Resiko Gangguan Kecemasan dari Dalam

Berbeda dengan penyebab pada kondisi pertama yang disebabkan oleh reaksi tubuh atas penyakit, kondisi medis hingga kecanduan alkohol dan obat-obatan. Penyebab gangguan kecemasan ini pencetusnya berasal dari bawaan dan umumnya murni merupakan masalah psikis.

Para ahli mempercayai bahwa kondisi ini salah satunya dapat dipicu oleh genetik. Jadi, jika Anda memiliki orangtua atau saudara kandung yang mengalami gangguan kecemasan, maka Anda berisiko tinggi untuk mengalaminya juga. Namun itu hanya resiko saja dan tidak berarti harus terjadi.

Selain itu, Kejadian trauma di masa lalu dan stres jangka panjang juga bisa jadi penyebab seseorang mengalami gangguan kecemasan kronis (berkembang secara bertahap dan menjadi semakin buruk seiring waktu.).

Penyebab dan faktor risiko untuk setiap jenis gangguan kecemasan dapat bervariasi tergantung jenisnya. Namun, beberapa faktor risiko umum untuk semua jenis gangguan kecemasan meliputi :

  • Trauma => Anak-anak yang mengalami pelecehan seksual atau menyaksikan peristiwa traumatis di masa kecil berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kecemasan ketika mereka dewasa. Tak hanya anak-anak, orang dewasa yang mengalami peristiwa traumatis juga dapat mengalami gangguan kecemasan nantiya.
  • Riwayat genetik => Memiliki kerabat sedarah, terutama orangtua dan saudara kandung, dapat meningkatkan risiko Anda terkena kondisi ini juga.
  • Kepribadian tertentu => Orang dengan tipe kepribadian tertentu (misal pemalu dan menutup diri) lebih rentan terhadap gangguan kecemasan daripada yang lain.
  • Mengalami gangguan mental => Orang dengan gangguan mental, seperti depresi, sering kali juga mengalami gangguan kecemasan.
  • Stres karena suatu penyakit => Memiliki kondisi kesehatan atau penyakit serius dapat memicu perasaan takut dan cemas berlebih. Terutama perihal biaya pengobatan, peluang kesembuhan, hingga bagaimana Anda menghadapi masa depan nantinya.
  • Takut terkena penyakit berbahaya => Ketakutan akan masalah kesehatan juga beresiko menyababkan gangguan kecemasan bahkan pada orang yang sehat sekalipun.
  • Kesalahan orang tua dalam mendidik anak => Kesalahan mendidik, misalnya terbiasa menakut-nakuti anak, contohnya menakut-nakuti anak dengan penyakit berbahaya, mengekang berlebihan, melarang bermain dan bersosialisasi di waktu kecil dimana anak seharusnya belajar bersosialisasi.
  • Masalah pekerjaan => Tekanan pekerjaan dan permasalahan pekerjaan yang berat bisa menyebabkan anxiety disorder.
  • Kehilangan orang yang disayangi => Misalnya kehilangan orang tua, pasangan yang meninggal membuat anda sedih dan murung berlarut-larut.
  • Himpitan permasalahan ekonomi => Gaji yang tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk biaya anak, belum lagi terlilit utang akan beresiko menyebabkan anda terkena gangguan rasa cemas berlebihan.
  • Kurang rekreasi => Penatnya aktivitas kehidupan yang anda jalani akan membebani psikis anda. Seperti tubuh fisik, jiwa dan pikiran anda butuh istirahat dan “refreshing”.
  • Insomnia berkepanjangan => Sering kurang tidur juga bisa menimbulkan resiko timbulnya gangguan kecemasan.

Sebenarnya banyak sekali faktor resiko penyebab dari anxiety disorder selain yang disebutkan diatas. Namun anda harus bisa mengambil benang merahnya bahwa penyebabnya tidak jauh dari kesedihan berlarut-larut dan memikirkan sesuatu terlalu mendalam.

Berbagai Cara Mengatasi Gangguan Anxiety Disorder?

cara melawan dan sembuh dari anxiety disorder e1561784053490 - 4 Jenis dan Penyebab Anxiety Disorder Serta Apa Saja Cirinya?

Setelah mengetahui jenis-jenis dari anxiety serta perbedaan dan apa saja cirinya, tentunya sekarang anda lebih mengenalinya. Terutama keadaan gangguan cemas (jika anda sedang mengalaminya) untuk saat ini. Dengan memahami posisi sakit anda dimana, tentunya akan lebih mudah untuk memulai “pengobatan” agar jiwa anda yang seharusnya sehat kembali pulih seperti semula.

Metode dan 18 Cara Untuk Sembuh dari Gangguan Kecemasan

Apapun jalan yang diambil untuk kesembuhan, baik itu menempuh jalur medis, psikiater, dibantu obat-obatan, rukiyah, berwisata, mengalihkan kesibukan, mempunyai hobi, berolah raga, bersikap lebih terbuka, mendengarkan musik dan masih banyak lagi. Kunci kesembuhan sangat tergantung sejauh mana anda ingin pulih dari derita “kecemasan” berkepanjangan.

Beberapa metode atau cara yang disebutkan dibawah ini bukan berarti anda harus menjalaninya dengan sempurna. Hal yang paling penting anda mempunyai keinginan untuk sembuh dengan melakukan hal positif tanpa adanya tekanan.

Tidak harus semuanya anda lakukan, karena jika anda sungguh-sungguh melakukan satu hal pun bisa saja anda sembuh, apalagi melakukan lebih dari satu. “Lakukan hal yang baik semampu anda dan lakukan tanpa tekanan dan beban”,

Bisa saja tidak harus ke psikiater dan dokter penderita gangguan cemas disembuhkan. Namun, mendekatkan diri kepada Tuhan merupakan hal yang utama dan wajib. Itu kuncinya karena ketenangan dan ketentraman batin terbesarnya berasal dari hal tersebut.

1. Psikoterapi

Psikoterapi dikenal sebagai terapi bicara atau konseling psikologis merupakan salah satu metode pengobatan untuk gangguan kecemasan. Terdapat banyak jenis psikoterapi, namun salah satu bentuk psikoterapi yang paling sering digunakan untuk mengobati anxiety disorder adalah terapi perilaku kognitif (CBT).

Terapi ini berfokus pada hubungan antara masalah, pola pikir, dan perilaku Anda. Dalam terapi ini, Anda akan diminta untuk membuka diri dan bercerita tentang semua keluhan yang sedang Anda hadapi kepada terapis. Tak perlu merasa malu atau cemas, terapis yang menangani Anda tidak akan menghakimi dan pasti menjaga semua rahasia Anda.

Dipandu dengan terapis, Anda akan diajak untuk mencari akar masalah yang ingin diselesaikan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.

2. Obat-obatan

Tidak ada salahnya anda berobat ke dokter umum mengenai permasalahan gangguan cemas, namun kompetensi yang tepat untuk menangani penyakit anxiety disorder adalah psikiater. Keduanya, baik itu dokter maupun psikiater umumnya akan menyertakan obat-obatan untuk dikonsumsi.

Terdapat banyak obat anti depresan dan anti kecemasan yang akan dipilih oleh tenaga medis yang menangani anda. Namun tentunya mereka sangat hati-hati memberikan resep dan akan mencobanya dari yang memiliki efek samping terendah. Tidak hanya masalah efek samping, dokter maupun psikiater mempunyai pertimbangan tersendiri yang tentunya sangat disesuaikan dengan keadaan anda.

Berikut beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter atau psikiater untuk mengatasi anxiety disorder :

3. Makanan Sehat dan Penuhi Kebutuhan Gizi Tubuh Anda

Berbagai macam penyakit umumnya berasal dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Jika anda terbiasa mengkonsumsinya secara berlebihan, maka berbagai penyakit mulai bermunculan. Penyakit-penyakit ini umumnya akan menimbulkan gangguan kecemasan, seperti misalnya diabetes akibat mengkonsumsi gula berlebih, penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.

Berbagai makanan yang tidak sehat serta hidup yang tidak teratur menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dimasa yang akan datang. Jadi mulai sekarang biasakan mengkonsumsi makanan sehat terutama buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda.

Vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E berperan penting dalam fungsi sistem saraf. Lalu vitamin B mempengaruhi suasana hati dan metabolisme. Magnesium dikenal dapat membantu menghilangkan stres, sehingga kekurangan mineral ini dapat menyebabkan seseorang mudah terserang gangguan kecemasan.

Anda juga membutuhkan selenium, suatu antioksidan penting bagi neurotransmiter di otak untuk membantu mengontrol suasana hati. Menurut sebuah studi penelitian pada tahun 2006, orang dengan tingkat asam lemak omega-3 yang lebih rendah, berada pada risiko gangguan kecemasan. Sehingga penuhilah kebutuhan gizi Anda dengan makan makanan bernutrisi seimbang atau dengan tambahan suplemen.

4, Hidup Teratur dan Kurangi Bergadang

Cara menjalani hidup yang berantakan umumnya menimbulkan penyakit dan gangguan kecemasan. Misalnya anda sering bergadang, maka sedikit banyak akan mempengaruhi metabolisme tubuh yang ujung-ujungnya munculnya berbagai penyakit. Kurang tidur juga bisa memicu munculnya gangguan kecemasan ketika anda menjalani aktivitas esoknya.

Berbagai macam reaksi tubuh bermunculan esoknya sebagai respon dari kurang tidur (atau bahkan tidak tidur sama sekali). Bagi orang normal tentu saja mereka akan merasakan hal yang sama. Perbedaannya mereka hanya menganggap itu hal biasa saja, karena kurang istirahat dan akan sembuh jika tidur cukup pada malam berikutnya.

Bagi penderita gangguan kecemasan tentunya akan sangat tersiksa. Dimana reaksi tubuh terhadap kurang tidur bisa berupa lemas, mual, pusing, kelelahan, mata berkunang-kunang, sakit di badan, jantung serasa lemah hingga mudah kesemutan (padahal sama saja dengan apa yang dirasakan orang normal). Lalu kemudian timbulah kewaspadaan pikiran akan kondisi berbahaya atas segala gejala yang sedang dialaminya.

Untuk mengalihkannya mungkin anda browsing tentang semua gejala yang dirasakan melalui media internet. Hasilnya sudah bisa ditebak, artikel semua penyakit berbahaya dan penyebab kematian bermunculan, anda anggap sangat sesuai dengan kondisi tubuhnya saat ini. Dan semakin lengkaplah penderitaan, siapa yang begitu hayo….ngaku!!!

Mereka akan terus saja berfikir cemas dan bertambah cemas. Hingga datang malam berikutnya mereka tetap saja waspada dengan kecemasannya. Semua otot terasa tegang sehingga kembali sulit untuk tidur, padahal kondisi tubuh sudah sangat lelah.

Padahal jika anda kurang tidur pada malam hari jangan berpikiran macam-macam, lakukanlh aktivitas seperti biasa namun jangan terlalu berat (orang normal juga pasti malas melakukan aktivitas berat jika lelah karena kurang tidur). Penuhi asupan gizi dengan makan teratur ditambah banyak-banyaklah minum air putih. Jangan sekali-kali minum penambah energi yang mengandung kafein untuk mengatasi tubuh lemas, karena dengan vitamin dan banyak minum rasa lelah akan sedikit terobati dan lebih baik.

Jika anda mengalami penyakit insomnia kronis atau bahkan presisten (bertahun-tahun) mulai biasakan tidur awal layaknya orang normal secara perlahan-lahan. Jangan menjadi beban dan keharusan untuk tidur lebih awal mulai “nanti malam”. Ingatlah tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan (beradaptasi). Jika insomnia timbul dari kebiasaan buruk yang berlangsung lama, maka untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Biasakanlah hidup wajar dan teratur dengan beristirahat pada malam hari, karena tubuh anda memperbaiki segala kerusakan dan kelelahan ketika tidur. Esoknya bangun pagi untuk menghirup udara segar juga paparan sinar matahari pagi. Karena paparan sinar matahari pagi akan mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan tulang.

5. Berobat dan Patuhi Pantangan Untuk Penyakit Tertentu

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa gangguan kecemasan bisa timbul dari penyakit fisik seperti diabetes, jantung, paru-paru, kanker, GERD, hingga penyakit dan masalah usus. Jadi tidak salahnya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk segera diobati.

Jika anda merasakan mempunyai penyakit tertentu, maka dianjurkan untuk pergi ke dokter. Namun jika dokter mengatakan anda baik-baik saja jangan memikirkan lagi tentang penyakit, karena anda positif mengalami gangguan cemas berlebihan dan ketakutan berlebihan terhadap penyakit, padahal anda sehat.

Selain memberikan obat, biasanya dokter akan memberikan beberapa pantangan jika anda memang mengidap penyakit tertentu. Contohnya penderita GERD (Gastroesophageal reflux disease) harus menghindari berbagai pantangan yang disampaikan dokter, misalnya :

  • Jauhi sayur berserat tinggi.
  • Hindari makanan pengikis vitamin B.
  • Kurangi konsumsi daging.
  • Jangan tidur setelah makan.
  • Kendalikan stres.
  • Stop konsumsi kopi, alkohol dan soda.
  • Tidak mengkonsumsi makanan pedas.

Tidak hanya GERD saja, penyakit lainnya juga sama saja, anda harus menghindari pantangannya.

Sebaiknya anda tidak terlalu memikirkan penyakit yang anda derita, percayakan saja ke tenaga medis karena mereka sangat mengetahui benar kondisi anda saat ini. Cukup minum obat dan lakukan apa yang dianjurkan oleh mereka.

6. Tidak Mengkonsumsi Zat Berbahaya

Misalnya saja kafein (dalam kopi, teh, atau minuman energi) untuk mendongkrak stamina, semangat dan kewaspadaan. Tetapi jika kadarnya berlebihan dapat menginduksi gangguan kecemasan, dengan meningkatkan detak jantung dan memicu serangan panik. Selain itu juga minum kopi dapat meningkatkan asam lambung yang tentunya berhubungan dengan GERD.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat meningkatkan sejumlah gejala kecemasan, seperti telapak tangan berkeringat, telinga berdenging, bahkan perasaan gelisah sepanjang waktu.

Lalu, banyak orang yang keliru mengandalkan rokok, minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang agar merasa lebih tenang. Hal ini justru menjadi bumerang, dimana nikotin dalam rokok dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Karbon monoksida dalam asap rokok juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan meningkatkan kemungkinan serangan panik. Jika anda bisa berhenti merokok itu bagus, jika susah ya kurangi saja sedikit demi sedikit. Jangan berpikiran jika masih merokok maka anxiety disorder tidak akan sembuh. Tidak apalah anda saat ini masih merokok karena sulit untuk tidak melakukannya sekaligus. Masih banyak cara lainnya untuk mengatasi gangguan kecemasan yang bisa anda optimalkan selain berhenti merokok secara total saat ini juga.

Alkohol dan obat-obatan, juga dapat menyebabkan serangan panik dan efek mengganggu pada sistem saraf pusat, sehingga membatasi kemampuan otak untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Berbeda dengan nikotin dalam rokok, berhenti mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang tidak bisa ditunda. Anda harus berhenti total jika ingin sembuh. Banyak kasus orang overdosis setelah minum alkohol dan obat-obatan terlarang. Banyak juga yang meninggal karena kecelakaan dalam kondisi mabuk. Tapi tidak ada orang yang meniggal karena overdosis nikotin sampe mulutnya berbusa, bukan berarti anda bebas untuk merokok seumur hidup, suatu saat harus berhenti merokok ya…^^.

7. Makanan Antidepresan Alami untuk Mengatasi Stres dan Cemas

Sebenarnya terdapat banyak makanan yang berfungsi secara positif mengubah senyawa kimia di otak. Mood anda akan berubah, yang tadinya negatif (murung, sedih, cemas) menjadi positif (suasana hati yang senang dan tenang). Makanan “alami” ini tidak hanya meningkatkan mood, tetapi juga dapat mengurangi kadar stres dan cemas. Maka sebelum mengonsumsi obat antidepresan, makanan sebetulnya juga bisa dijadikan terapi.

  • Cokelat hitam => Cokelat hitam diketahui mampu mengurangi kadar kolesterol “jahat”, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko penyumbatan aliran darah. Cokelat hitam mengandung resveratrol, antioksidan yang memperbaiki sistem imun dan memperbaiki mood. Senyawa ini juga dapat meningkatkan produksi endorfin di otak yang merupakan target dari obat-obatan antidepresan.
  • Bubur gandum => Serat yang terkandung didalam bubur gandum membantu gula darah menjadi stabil sehingga terhindar dari penurunan mood. Lalu kandungan karbohidrat kompleks berperan dalam pelepasan serotonin untuk memproduksi rasa ketenangan.
  • Jeruk => vitamin C tinggi yang terkandung dalam jeruk ternyata dapat menguatkan system kekebalan tubuh dan mengurangi hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stress. Kemudian, dosis besar vitamin C dapat mengurangi respon secara fisik dan mental terhadap stress.
  • Bayam => Ketika anda mengalami stress, maka tekanan darah umumnya akan meningkat. Bayam ini tinggi akan kandungan magnesium, yaitu zat yang berperan penting dalam mengatur dan menurunkan tekanan darah secara alami, Selain itu, kekurangan magnesium diketahui berhubungan dengan kecemasan dan depresi.
  • Susu Skim => Susu yang dikenal tanpa lemak ini memberikan efek ketenangan jika dikonsumsi. Susu juga terbukti dapat mengurangi stress yang berhubungan dengan sindrom menstruasi atau PMS. Selain itu, susu juga membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dimalam hari.
  • Alpukat => Buah alpukat ini mengandung lemak sehat untuk pengaturan komunikasi syaraf dan membantu Anda berpikir lebih jernih. Kekurangan vitamin B dapat dihubungkan sebagai salah satu penyebab kecemasan. Karena alpukat mengandung vitamin B yang tinggi, maka buah ini juga sangat baik untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Pada kenyataannya terdapat banyak sekali makanan sehat alami selain yang disebutkan diatas, umumnya berfungsi untuk melawan kegelisahan, rasa cemas dan mood yang buruk.

8. Banyak Minum air Putih untuk Mencegah Dehidrasi

Terjadinya dehidrasi sangat berperan pada kemunculan rasa cemas. Tentunya anda pun mengetahui akan hal ini, bahwa air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh (70 persen tubuh kita berupa air). Fungsi air dalam tubuh adalah sebagai pengatur suhu tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata, dan hidung, pelumas sendi, serta melindungi organ dan jaringan tubuh.

Keberadaan air turut membantu meringankan beban kerja ginjal dan hati dengan melarutkan sisa-sisa metabolisme, mencegah sembelit atau susah buang air besar, membantu melarutkan mineral dan zat gizi agar dapat dimanfaatkan tubuh dan membawa zat-zat gizi dan oksigen ke dalam sel.

Kurangnya asupan cairan meyebabkan meningkatnya risiko berbagai penyakit, seperti batu ginjal dan infeksi saluran kencing, kanker usus besar dan saluran kencing, obesitas pada anak dan remaja, tekanan darah tinggi (hipertensi), sumbatan pembuluh darah vena, hingga jantung koroner.

Lalu apa hubungannya dehidrasi dengan gangguan kecemasan?

Setidaknya anda menyimak hasil berdasarkan dua penelitian yang dilakukan oleh lembaga dan para ahli :

  • University of Connecticut Human Performance Laboratory => Tersedianya cairan yang cukup dalam tubuh dapat membantu mencegah gangguan mental, suasana hati dan kognitif yang mungkin sering dialami.
  • Tufts University => Mengungkapkan bahwa atlit yang kurang cairan dalam tubuhnya cenderung merasa marah, bingung dan tegang.

Dengan demikian anda mengetahui bahwa terdapat hubungan erat antara dehidrasi dan kecemasan, maka minumlah air yang banyak bahkan sebelum anda merasa kehausan agar terhindar dari datangnya gangguan kecemasan anxiety disorder.

9. Olahraga

Penelitian menunjukkan, bahwa olahraga bisa membantu meringankan gejala depresi atau kecemasan. Tapi olahraga yang sebenarnya ya, bukan olahraga “e-sport” permainan yang “maksa” agar diakui sebagai olahraga. Misalnya bermain mobile legend, PUBG di handphone yang lebih banyak resiko negatifnya daripada manfaatnya dan bahkan malah menimbulkan kecemasan.

Olahraga yang melibatkan aktivitas fisik dan dilakukan diluar ruangan memiliki hubungan erat dan manfaatnya dalam meredakan kecemasan juga depresi.

  • Setelah berolahraga, jumlah endorfin akan meningkat. Endorfin erat kaitannya dengan perubahan suasana hati (mood) ke arah yang lebih baik dan perasaan nyaman (overall wellbeing).
  • Aktivitas fisik atau olahraga dapat mengalihkan perhatian dari hal-hal yang tidak menyenangkan dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan serta pikiran negatif.
  • Olahraga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Menciptakan target dan mencapai target tersebut (walaupun hanya dalam skala kecil) dapat meningkatkan kepercayaan diri.
  • Berolahraga dengan teratur juga membantu meningkatkan penampilan fisik, sehingga membuat anda merasa lebih baik dengan penampilannya yang ujung-ujungnya menungkatkan kepercayaan diri..
  • Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan interaksi sosial. Tidak harus berolahraga dalam kelompok, melakukan jogging santai di kompleks rumah sambil menyapa orang-orang lain yang ditemui sepanjang jalan dapat meningkatkan mood.
  • Berolahraga dengan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur.

10. Berhenti Browsing Tentang Penyakit di Internet

Ini adalah penyebab yang bisa menambah parah gangguan kecemasan yang sedang anda alami. Memang benar internet adalah sumber dari lautan informasi. Dengan keberadaannya mampu menyelesaikan masalah dan keingintahuan penggunanya dengan cepat serta sangat mudah. Namun anda setidaknya harus mengetahui bahwa informasi itu tidak selalu benar dan bisa saja hoax. Coba anda perhatikan ini :

  • Informasi yang salah dan keliru jumlahnya jauh lebih banyak dari informasi yang benar.
  • Dari informasi yang benar (jumlahnya lebih sedikit dari informasi yang salah), banyak yang salah cara menyampaikannya sehingga banyak menimbulkan persepsi yang salah.

Setidaknya anda akan mulai memahami maksudnya, bahwa jangan terlalu percaya dan mengandalkan informasi yang didapatkan dari internet atas keadaan anda saat ini. Bisa saja benar tapi kurang tepat menyampaikannya, karena banyak sekali kasus dari penyakit berat hingga ringan bisa saja gejalanya sama.

Contohnya anda browsing di google “sakit dada sebelah kiri”, lalu muncul deretan artikel untuk anda baca. Saya berani bertaruh, anda (kebanyakan) akan cenderung memilih judul yang menjadi perhatian, misalnya “Sakit Dada Sebelah Kiri Tanda Penyakit Jantung” atau “Sakit Dada Sebelah Kiri adalah Penyebab Kematian”. Lalu kemudian anda membaca isinya.

Kan bisa berabe jika dada anda sebelah kiri sakit, padahal hanya gejala sakit flu biasa. Karena anda mendapatkan informasi dari internet berupa serangan jantung maka datanglah serangan panik. Munculah kecemasan yang berlebihan, lemas, sesak nafas, keringat dingin keluar yang semakin mengukuhkan keyakinan anda terhadap penyakit ini. Kemudian anda buru-baru pergi ke rumah sakit dan masuk UGD, di infus disana dan disini. Pas diperiksa hasilnya normal, tapi anda tetap saja yakin bahwa itu gangguan jantung. Sumbernya apa ko yakin anda kena serangan jantung? saya baca di Internet…hehehehe….

Tahukah anda bahwa artikel di website atau blog bahkan channel youtube bisa menghasilkan penghasilan yang melimpah jika banyak orang yang mengunjunginya? Mereka (tidak semuanya) membuatnya “berlebihan” semenarik mungkin. Jika artikel kesehatan maka cenderung membuatnya “semenakutkan” mungkin agar membuat penasaran pembacanya.

Pengenjung cenderung akan membagikan dan memberitahu artikel yang menarik ke teman, keluarga, tetangga hingga ke sosial media. Maka berdatanganlah pengunjung yang penasaran atau dalam kondisi yang mirip. Semakin banyak yang berdatangan untuk membaca, maka semakin melimpah penghasilan penulis artikel tersebut. Sementara disisi lainnya, semakin banyak yang terkena serangan dan gangguan panik akibat membacanya. UGD pemeriksaan jantung jadi ramai. Memang harus ditertibkan para penulis-penulis nakal seperti itu…

Jika anda merasakan sesuatu yang janggal di tubuh anda maka lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional. Tidak ada larangan untuk mencari penyebabnya di internet, namun anda harus bisa memilih mana informasi yang benar dan keliru.

11. Bersosialiasi

Manusia adalah mahkluk sosial dan membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya. Tanpa adanya sosialisasi dipastikan manusia akan sulit dalam menjalani hidupnya. Kurang bersosialisasi juga dapat berhubungan dengan gangguan kecemasan. Berikut beberapa dari banyak manfaat yang akan anda dapatkan dengan bersosialisasi.

  • Mengatasi depresi dan stres => Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi bisa membantu meningkatkan kebahagiaan manusia dan mengurangi tingkat stres. Study yang dipublikasikan American Journal of Health Promotion menemukan bahwa orang dewasa yang muda yang bersosialisasi dilaporankan memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang tidak menghabiskan waktu di sekitar orang lain.
  • Menumbuhkan motivasi => Menghabiskan waktu bersama teman-teman atau komunitas akan menimbulkan prioritas tertentu yang berkaitan dengan motivasi, minat dan produktivitas.
  • Memperbaiki mood => Kesedihan yang berlarut-larut, kegelisahan berkepanjangan akan terobati jika anda sering bersosialisasi. Bahkan beban kehidupan akan terasa lebih ringan. Banyak hal-hal yang menyenangkan yang hanya didapatkan dengan bersosialisasi.
  • Lebih kebal dari penyakit => Sebuah study dari National Academy of Sciences menemukan bahwa kesepian dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan peradangan kronis dan menurunkan kadar senyawa antivirus tertentu. Jadi kurangnya bersosialisasi bukan saja berakibat pada gangguan mental dan kejiwaan, melainkan kesehatan tubuh anda akan ikut terganggu.

Bersosialisasi adalah terapi yang wajib terutama bagi penderita gangguan kecemasan sosial. Bagi anda seorang pemalu jangan takut untuk bersosialisasi. Tidak masalah anda dipandang aneh pada awalnya, tidak masalah mereka menertawakan anda, tidak masalah mereka memandang anda sebelah mata dan tidak masalah mereka seperti “risih” meladeni anda.

Teruslah bersosialisasi, karena anda tidak akan mati hanya karena berinteraksi sosial, mereka tidak akan menelan anda bulat-bulat. Jangan anggap mereka berbeda dengan anda. Pemahaman bahwa mereka sama saja dengan anda, punya kaki, tangan, mata, hidung adalah kunci dalam bersosialisasi. Satu hal yang pasti jika anda terus menjalankannya, maka episode kehidupan anda akan membuka lembaran jilid barunya.

12. Rekreasi dan Hobi

Penatnya rutinitas aktivitas kehidupan sehari-hari akan mengakibatkan stres. Kondisi ini secara tidak langsung merupakan penyebab terjadinya gangguan kecemasan. Bukan hanya fisik yang butuh istirahat, pikiran dan psikis pun memerlukan “refreshing”.

  • Pergi berwisata => Anda bisa pergi berlibur ke berbagai destinasi tempat tujuan wisata di indonesia. Anda bisa pergi ke pantai, berlibur dipegunungan, berkemah ditepi sungai. Jika terlalu jauh, hanya mengunjungi kebun binatang di kota anda tinggal pun tidak menjadi masalah, asalkan anda dapat mendapatkan manfaat berwisata secara optimal.
  • Memiliki hobi => Setiap orang pastinya mempunyai kegemaran berbeda. Ada yang hobi memancing, memelihara burung, otomotif, koleksi mainan atau apapun selama itu bersifat positif. Hobi ini juga merupakan rekreasi dimana pikiran anda yang cemas akan teralihkan kepada kesibukan baru yang menyenangkan.

Berwisata dan memiliki hobi akan meningkatkan kualitas hidup anda secara signifikan. Kemurungan berkepanjangan akan tergantikan dengan keceriaan. Motivasi dan pikiran positif akan tumbuh yang perlahan akan mengikis gangguan kecemasan secara perlahan hingga habis tidak tersisa,

13. Terapi Musik

Bukan sembarang musik yang dapat membantu anda melawan gangguan cemas. Mana bisa musik yang bunyinya “gedebak-gedebuk” bikin jiwa anda tenang, yang ada tambah semrawut. Hanya musik bersifat menenangkan yang mampu mengeluarkan anda dari keadaan anxiety disorder berkepanjangan.  Salah satunya adalah berjudul “Weightless” karya Marconi Union. Lagu ini dinobatkan sebagai yang paling menenangkan sedunia.

Lagu Weightless dikatakan sangat menenangkan karena bisa mengurangi kecemasan dari pendengar wanita (mahkluk yang terkenal paling panik hehe..^^) sampai 65 persen, dan banyak ilmuwan setuju dengan hal ini.

Centerville High School di Ohio menunjukkan bahwa 93% subjek mengalami penurunan denyut jantung kerika diberikan lagu bertempo lambat. Penelitian juga menunjukan bahwa 100% subjek mengalami peningkatan denyut jantung ketika mendengarkan lagu bertempo cepat. Penelitian membuktikan bahwa memang lagu-lagu yang Anda dengar mempengaruhi denyut jantung Anda, dimana hal itu bisa mempengaruhi mood sampai kondisi mental Anda juga.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik bisa mempengaruhi keadaan seseorang, bahkan mampu untuk meredakan gelisah, stres hingga kecemasan. Untuk mendapatkan musik seperti itu anda bisa membuka youtube dan mencari “anxiety music”, maka akan muncul banyak sekali deretannya.

Nah kan, dengan ini anda bisa menggunakan internet untuk sesuatu yang positif (mengobati sendiri gangguan cemas). Jangan gunakan internet untuk sesuatu yang tidak berguna, apa lagi browsing tentang penyakit seharian.

14. Tertawa dan Bahagia

Lawan dari perasaan sedih dan murung adalah tertawa dan bahagia. Gangguan kecemasan ini umumnya diakibatkan oleh stres berkepanjangan yang berhubungan dengan perasaan gelisah, sedih, murung dan semua mood negatif. Tertawa sebagai reaksi alami tubuh terhadap sesuatu yang menyenangkan membawa sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Tertawa adalah representasi dari jiwa yang senang dan terhibur. Perasaan senang tersebut secara otomatis membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Membuat diri anda terhibur dan sering tertawa setiap hari akan sangat membantu meredakan kecemasan, stres bahkan depresi. Bukan hanya itu ternyata tertawa memiliki “segudang” manfaat seperti disebutkan sebagai berikut :

  • Membuat Wajah Awet Muda => Saat tertawa otot-otot wajah dan juga rahang akan meregang, hal ini membuat wajah jadi lebih kencang.
  • Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh => Tertawa bisa merangsang produksi sel darah putih (leukosit) sehingga secara otomatis meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh anda.
  • Menjaga Sistem Pernapasan => Pada saat tertawa, terjadi aktivitas pengosongan paru-paru dari udara luar yang kotor dan berpotensi merusak fungsi organ pernapasan.
  • Menurunkan Tekanan Darah => Terjadi pelebaran pembuluh darah pada saat tertawa, sehingga aliran darah menjadi lancar dan pada penderita hipertensi, hal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan Fungsi Jantung => Tertawa adalah latihan kardio (memperkuat jantung dan paru-paru) yang membuat jantung memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang sama halnya dengan ketika anda berjalan dengan kecepatan lambat sampai sedang per jamnya.
  • Menghilangkan Stres dan Depresi => Saat tertawa, tubuh akan melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon yang disebut sebagai ‘hormon bahagia’. Jika anda sedang dilanda stres masalah pekerjaan, asmara (patah hati), atau hal lainnya, maka dengan tertawa akan mampu untuk menghilangkan perasaan stres tersebut, juga depresi.
  • Menghilangkan Kecemasan dan Panik => Tertawa dapat menstimulasi tubuh untuk melepaskan endorfin dan serotonin, yang mana keduanya efektif untuk meredakan sakit, menghilangkan rasa cemas atau panik yang dialami dalam suatu situasi tertentu. Dan hal ini kenapa jika suasana panik, cemas dan tegang akan “cair” ketika ada lelucon yang bisa membuat tertawa.
  • Meningkatkan Fungsi Otak => Tertawa berdampak pada banyaknya oksigen yang masuk. Hal ini akan mengoptimalkan fungsi sel-sel otak, sehingga secara otomatis kemampuan atau daya ingat serta berpikir otak meningkat.
  • Menurunkan Berat Badan => Pada saat tertawa, secara tidak sadar Anda sedang membuang kalori dan metabolisme tubuh sedang bekerja optimal. Dengan demikian, terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan juga akan mengalami penurunan.
  • Melatih Fisik => Studi yang dilakukan Vanderbilt University Medical Center menemukan fakta bahwa tertawa yang dilakukan secara intensif merupakan bentuk aktivitas fisik untuk melatih otot-otot tubuh, seperti otot perut, otot bahu, dan diafragma.

Bukan hal yang sulit dan mahal untuk menjalani “terapi” tertawa. Lakukan kegiatan berkumpul dengan teman-teman anda, karena selain mendapatkan manfaat bersosialisasi, anda akan sering dibuat tertawa oleh lelucon mereka. Selain itu banyak hal lucu yang bisa membuat anda tertawa lepas, misalnya dengan menonton film komedi atau mencari video lucu di youtube salah satunya.

15. Hargai Diri dan Hidup Anda dengan Bersyukur

Melepaskan diri dari gangguan kecemasan anxiety disorder bukan sesuatu yang bisa dikatakan mudah karena membutuhkan proses dan usaha dari anda. Salah satunya anda lupa menghargai diri anda sendiri sehingga terus saja tidak merasa bahagia dengan gangguan kecemasan dalam menjalani hidup setiap harinya.

Anda merasa sakit ketika diberikan kesehatan, merasa kesepian ditengah keramaian. Anda merasa sedih karena orang lain tidak paham atas keadaan anda, padahal mereka berusaha sebisanya untuk memahami keadaan anda. Mereka berusaha menolong anda, sedangkan anda merasa bahwa usaha mereka tidak berguna untuk menyembuhkan anda. Mereka saja menghargai diri anda, hidup anda, “kemana saja anda selama ini?…”

Ada banyak hal yang seharusnya membuat anda bisa lebih bersyukur dan lebih menghargai diri anda sendiri, misalnya :

  • Banyak dari mereka yang serba kekurangan dalam segi ekonomi. Jangankan untuk berobat ke psikiater yang sekali berobat katakanlah menghabiskan ratusan ribu. Untuk besok saja, entah bisa makan atau tidak. Mereka baik-baik saja toh, tidak merasa cemas berlebihan.
  • Mereka yang mempunyai keterbatasan fisik, tidak punya kaki, tidak punya tangan hingga tidak bisa melihat masih bersemangat berjuang menjalani hidupnya. Bagaimana dengan anda yang memiliki fisik sempurna? apakah masih merasa tidak berdaya?
  • Banyak saudara kita (misalnya di Palestina) dilanda perang berkepanjangan. Suara teror senjata dan ledakan bom setiap harinya merupakan hal yang biasa. Yang seharusnya dilanda gangguan kecemasan itu mereka, tapi mereka masih bisa melakukan aktifitasnya setiap hari. Bagaimana dengan anda yang hidup di negara aman dan tentram?

Dengan merasa bersyukur berarti anda lebih menghargai diri anda sendiri. Menghilangkan gangguan cemas berkepanjangan dengan memperbaiki pola pikir yang benar tentang keadaan anda saat ini. Apa yang harus anda takutkan, risaukan dan cemaskan jika tidak ada sesuatu yang mengancam diri anda?

16. Sayangi dan Bantu Orang Disekitar Anda

Ada banyak orang yang ada disekitar anda. Ayah, ibu, kakak, adik, istri, anak hingga tetangga. Mereka selalu memperhatikan dan menyayangi anda. Mereka umumnya akan membantu tanpa pamrih jika anda menghadapi permasalahan berat. Mereka juga akan berusaha menghibur jika anda bersedih.

Pastinya anda pernah mengalami ketika wajah anda kusut, melamun lalu tetangga anda menyapa dan menanyakan “apakah anda baik-baik saja?” Bahkan ketika anda masuk UGD karena anxiety disorder tanpa diminta mereka akan mendoakan yang terbaik untuk anda..

Gangguan anxiety disorder berkepanjangan sering membuat lupa bahwa hal-hal sepele seperti itu merupakan sesuatu yang anda butuhkan. Bukan hanya dibantu dan disayangi, setiap manusia (termasuk anda) butuh untuk membantu dan menyayangi. Kepuasan batin itu bukan hanya diberi tapi juga memberi, selalu ingatlah tentang hal itu.

Dan kepuasan batin adalah yang anda butuhkan untuk melawan gangguan kecemasan. Perasaan tenang dikarenakan semua orang menyayangi dan membantu anda dan anda mempunyai peran untuk melakukan hal sebaliknya.

Hidup manusia itu tidak abadi, berbatas waktu. Orang tua anda akan menjadi tua dan renta, anak anda akan tumbuh dewasa, tetangga anda mungkin bulan depan akan pindah rumahnya. Jangan menyianyiakan waktu untuk lupa menyayangi, memperhatikan, membahagiakan dan memberi bantuan (karena menganggap diri anda tidak berdaya untuk melakukannya). Hidup ini harus seimbang antara menerima dan memberi, dibantu dan membantu, disayangi dan menyayangi. Hiduplah dengan harmonis…karena bahagia itu sederhana, cukup melihat orang lain disekitar bahagia dan mensyukuri setiap hal kecil yang mampu anda miliki.

17. Banyak Beramal dan Bersedekah

Jangan remehkan dengan hal yang satu ini. Ketika anda bersedekah maka akan menimbulkan ketenangan dan kebahagiaan batin yang menjadi modal utama untuk melawan gangguan cemas berkepanjangan. Sedekah merupakan interaksi sosial dimana anda membantu sesama dalam bentuk uang, harta atau sesuatu yang bernilai dengan ikhlas. Lagipula apa gunanya semua harta jika anda harus menderita gangguan kecemasan sepanjang hidup anda.

Tidak peduli itu pengemis, pemulung, atau pengamen sekalipun. Tidak ada ruginya memberikan sedikit saja dari total harta yang anda miliki. Jangan pilih-pilih orang ketika bersedekah, apa yang menghampiri anda atau disekitar anda maka berikanlah sedikit uang anda.

Jangan dulu berprasangka negatif jika orang tersebut anda nilai masih bisa bekerja, karena anda tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya. Yang anda perlu lakukan doakan agar dengan sedekah yang anda berikan akan menjadi berkah, menggunakan uang hasil meminta-minta untuk memulai suatu usaha yang sukses dikemudian hari.

Ada juga sebagian kecil dari banyaknya pengemis yang kaya dengan berprofesi meminta-minta, biarkanlah dan jangan dipikirkan, karena anda tidak rugi sedikitpun hanya karena mereka kaya dengan berprofesi sebagai pengemis, teruslah bersedekah.

Tahukah anda, orang yang anda beri sedekah akan memberikan doa untuk anda. Doa panjang umur, sehat dan kesembuhan dari berbagai macam penyakit, hingga mendoakan agar diganti puluhan kali lipat. Jika anda mendengarkannya, mereka sangat bersungguh-sungguh mendoakan anda sebagai rasa terima kasih atas perbuatan mulia yang anda lakukan. Tubuh anda mungkin akan terasa bergetar menerima doa dari mereka layaknya di charge energi positif . Jika keadaannya seperti terus itu menerus itu, energi negatif “anxiety disorder” tidak lama lagi akan minggat.

18. Dekatkan Diri dengan Tuhan

Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan, oleh karena itu terjadi ikatan antara ciptaan dan penciptanya. Tanpa disadari secara tidak langsung anda membutuhkan keberadaan Tuhan. Mungkin saja merasa jauhnya anda dari Tuhan adalah salah satu penyebab gangguan kecemasan yang anda alami saat ini.

Ketenangan batin dengan melakukan kegiatan keagamaan akan anda peroleh. Ketika selesai beribadah cobalah untuk berbicara kepada-Nya, bicarakan atas keadaan yang anda alami saat ini dari hati ke hati. Adalah hal yang sangat wajar jika yang diciptakan mengadukan semua keluh kesalnya terhadap penciptanya.

Tidak masalah jika anda mengeluarkan air mata. Berbeda dengan manusia, Tuhan tidak akan menertawakan anda, tidak akan menganggap lemah atau menyepelekan anda. Mintalah kesembuhan padanya, karena Zat yang maha besar ini sangat senang jika mahkluknya meminta sesuatu padanya.

Alam semesta yang begitu luas mampu ia ciptakan, maka logikanya jika hanya untuk menyembuhkan anda bukan sesuatu yang sulit bagi-Nya, Hanya Dialah yang mampu membuat manusia sakit menjadi sembuh dan manusia sehat merasa sakit.

Tentu saja semua butuh proses, karena jika anda perhatikan tentang semua yang terjadi di kehidupan membutuhkan proses, bahkan terciptanya alam semesta ini juga melewati tahapan proses. Tidak berarti anda akan sembuh dari gangguan kecemasan besoknya. Semua perlu waktu yang sangat tergantung pada kesungguhan anda dalam menjalaninya.

Masihkah anda takut mati? Tidak perlu ditakutkan tentang kematian, karena sejak manusia pertama turun ke bumi hingga saat anda sekarang hidup, kematian akan datang. Perkuatlah amal dan ibadah, dekatkan diri pada sang Pencipta, maka kalaupun anda harus mati saat ini pun tidak menjadi masalah. Karena setidaknya anda menyadari bahwa anda hanyalah mahkluk yang ada pemiliknya, jika pemilik menginginkan anda kembali, ya tidak masalah kan, untuk pulang?

Semua Fikiran Positif Diperlukan untuk Mengalahkan Anxiety Disorder

Jika ingin sembuh dari penyakit kecemasan ini, hiduplah dengan pikiran yang wajar seperti orang normal pada umumnya. Apakah sulit? itu pasti, tapi selalu paksakan untuk berfikiran positif dan lama-kelamaan anda akan terbiasa dan pulih.

Anxiety disorder bukan penyakit fisik, namun psikis. Sama halnya jika anda berobat ke dokter jika terselang flu, anda akan diberi obat, yang sebenarnya hanya membantu saja dan tetap saja yang menyembuhkan (recovery) adalah tubuh anda sendiri. Demikian halnya dengan anxiety disorder, anda pergi ke psikiater (atau metode lainnya). Mereka membantu dengan metode sistematis memudahkan anda untuk menghadapi “gangguan kejiwaan” ini, namun tetap saja yang menentukan pulih setidaknya adalah diri anda sendiri.

Anda harus setuju dengan saya, bahwa hidup di dunia ini teramat indah namun singkat. Janganlah membuang-buang waktu dengan belenggu anxiety disorder. Satu hal yang pasti adalah kesempurnaan yang dianugrahkan Tuhan terhadap kita tidak berkurang sedikitpun, hingga limpahan kasih sayangnya yang terus mengalir. Mereka yang serba kekurangan mampu bahagia, bagaimana dengan anda? Maka…Bangkitlah untuk melawannya…^^.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *