Bahan sepatu dan sandal wanita

Diposting pada

Bahan sandal dan sepatu wanita sangat beraneka ragam jenisnya, mulai dari kulit asli, kulit sintetis, suede, denim hingga kanvas. Namun sebelum kita mengenal bahan dari pembuatan sepatu alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu mengenai sandal dan sepatu. Ya, sandal dan sepatu memiliki fungsi dasar sebagai alat pelindung kaki (tidak terbayang jika kita berjalan tidak menggunakan kedua alat tersebut, kulit kaki kita akan luka tersayat benda-benda keras misalnya batu, atau bahkan melepuh terkena panasnya aspal jalan. Selain berfungsi sebagai alat pelindung kaki, sandal sepatu pun berfungsi sebagai fashion atau penunjang penampilan.

Bahan sandal dan sepatu wanita - Bahan sepatu dan sandal wanitaBerbeda dengan kaum adam, kaum hawa cenderung lebih memperhatikan penampilan. Oleh karena itu adalah sesuatu yang wajar jika jenis dari  sandal dan sepatu wanita (alas kaki) lebih bervariasi. Banyak variasi model sepatu wanita adalah bukan hanya dari jenis modelnya saja, akan tetapi dari jenis bahan sandal dan sepatu wanita lebih banyak memiliki variasi bahan. Bahan sandal dan sepatu wanita diantaranya :

Kulit asli

Sepatu yang terbuat dari kulit aslimeiliki kualitas yang tertinggi, paling tahan lama, secara keseluruhan paling bagus. Bahan sepatu berbahan kulit asli ini paling mahal harganya karena memiliki banyak keunggulan di segi kualitas. Harga yang mahal tidak menjadi masalah bagi yang menyukai bahan jenis ini. Berbeda dengan pria yang cenderung memilih warna kulit gelap, bahan sandal dan sepatu wanita memiliki warna terang setelah di finishing. Pada umumnya atau kebanyakan bahan kulit asli menggunakan bahan kulit domba.

Kulit sintetik

Bahan sintetik merupakan yang paling banyak digunakan sebagai bahan sandal dan sepatu wanita. BAhan ini merupakan hasil olahan kimia dari pabrik yang sama sekali tidak ada unsur kulit didalamnya. Dikarenakan bahan ini memiliki kualitas yang baik serta mudah didapatkan maka produsen sepatu cenderung menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan sepatu lebih banyak dari jenis bahan lainnya. Selain sebagai bahan pembuatan sepatu bahan ini juga menjadi favorit sebagai bahan pembuatan tas.

Suede

Bahan suede memiliki persamaan dengan bahan kulit asli yaitu sama-sama terbuat dari kulit binatang (bisa juga disebut bludru), perbedaannya jika bahan kulit asli berbahan dasar kulit binatang bagian luar maka suede berbahan dasar kulit binatang bagian dalam. Karakteristik dari bahan suede ini lebih halus jika ditelusuri dengan tangan. Jika difinishing bahan ini bisa menjadi berbulu tipis yang menarik.

Kanvas

Bahan kanvas umumnya digunakan untuk sepatu sekolah, selain sepatu sekolah banyak digunakan untuk sepatu lukis. Bahan jenis ini sangat mudah digunakan untuk menggambar suatu objek karena memang berdasar kain.

Denim

Umumnya kita mengenal bahwa bahan denim digunakan untuk bahan pembuatan celana jin, akan tetapi banyak juga digunakan untuk bahan pembuatan sepatu. Bahan denim mempunyai karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan bahan kanvas. Sepatu berbahan denim sering digunakan untuk jenis sepatu kasual dan sneaker. Sepatu yang terbuat dari bahan denim memiliki ketahanan yang baik, umumnya memiliki warna biru, abu-abu dan hitam.

Brokat

Brokat adalah salah satu jenis kain yang naik pamor dan tren beberapa tahun terakhir. Umumnya kain brokat ini digunakan sebagai dasar kain pembuatan jaket, kebaya, baju dan rok wanita. Antusiasme pembeli sangat tinggi terhadap jenis pakaian yang terbuat dari jenis ini sehingga segala sesuatu berbahan brokat ini sempat sulit didapatkan. Pada sepatu bahan jenis ini pun digunakan yang umumnya pada jenis high heels dan wedges.

Glitter

Glitter adalah serbuk yang mengkilap, jadi sepatu apapun yang dinamai dan berjenis glitter berarti ditaburi atau di campur dengan serbuk glitter sehingga terlihat efek mengkilap-kilap.

Glossy

Glossy berarti mengkilap, licin seperti habis di gosok. Serupa dengan glitter glossy adalah perbedaan jenis finishingnya. Sebagai contoh sintetik glossy merupakan bahan sintetik dengan finishing khusus sehingga hasil akhirnya terlihat licin dan mengkilap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *