Jenis sablon pada kaos

Diposting pada
Jenis sablon sangat menentukan tampilan gambar pada kain khususnya kaos, oleh karena itu lebih baiknya anda mengetahui jenis sablon yang akan diaplikasikan. Secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu DTG dan sablon manual. Dibawah ini terdapat 14 jenis sablon yang terdiri dari tiga jenis sablon DTG dan 11 sablon manual.

Jenis Sablon DTG

jenis sablon dtg e1498146677927 - Jenis sablon pada kaosSablon DTG (Direct To Garment) merupakan jenis sablon menggunakan printer, seperti sablon digital. Namun berbeda dengan sablon digital, teknik sablon DTG ini lebih baik hasilnya sehingga mendekati bahkan sama kualitasnya dengan sablon manual. Adapun 3 jenis sablon DTG berdasarkan tinta yang digunakan adalah :

DTG Neo Pigment Non White

sablon neo pigmen non white - Jenis sablon pada kaosDiaplikasikan untuk kaos-kaos berwarna terang seperti putih, cream, kuning, pink, biru muda, hijau stabilo, dll. Hasil print dari tinta ini lebih tajam, bertekstur dan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan tinta standard non-white.

DTG Neo Pigment+White

sablon neo pigmen plus white - Jenis sablon pada kaos

Diaplikasikan untuk kaos-kaos berwarna gelap seperti hitam, navy, abu-abu tua, hijau tua, dll. Pelapisan tinta putih yang digunakan dalam proses ini bertujuan untuk lebih memunculkan warna hasil print di kaos, Tinta akan menyerap kedalam kaos.

DTG Rubber (chemica)

sablon dtg rubber - Jenis sablon pada kaos

DTG rubber merupakan jenis tinta atau media transfer yang sudah memiliki warna-warna tertentu seperti cuttings ticker. Kualitas sablon DTG rubber hampir sama dengan sablon manual rubber yang sesuai namanya menyerupai karet, bersifat elastis.

Jenis Sablon Manual

sablon kaos manual - Jenis sablon pada kaos

Sablon manual merupakan teknik / jenis sablon yang dilakukan secara manual oleh manusia. Manual bukan berarti tidak menggunakan alat tertentu, namun tidak sepenuhnya menggunakan alat seperti sablon DTG. Kelebihan jenis sablon manual adalah dari kualtasnya yang cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan sablon digital (jika dibandingkan DTG sangat sedikit perbedaan mengenai ketahanannya.

Sablon Pigmen

pigment sablon - Jenis sablon pada kaosCat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain. Seperti halnya Tinta yang meresap ke serat kain akan tetapi sablon ini hanya bisa dipergunakan pada kain berwarna terang / putih, kalau untuk warna gelap akan luntur karena tidak maksimal menempelnya.

Sablon super white

sw sablon - Jenis sablon pada kaosSablon super white adalah Sejenis pigment juga campuran dengan air, menyerap langsung ke bahan catnya. Biasanya dipakai untuk design2 yang vintage. Kalau sekali naik warnanya agak buram. SW ini menyebabkan patone warna sablonan menjadi turun jadi agak meredup.

Sablon Ruber

rubber sablon - Jenis sablon pada kaosYang paling sering digunakan. Bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Untuk sablon di atas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama.

Sablon Ruber (gold-silver)

rubber emassilver - Jenis sablon pada kaosPada dasarnya adalah sama dengan sablon jenis rubber, akan tetapi diberi efek khusus agar terlihat mengkilap seperti emas ataupun perak. Pada proses pengerjaannya membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Setelah pengeringan dengan benar, tinta ini memiliki daya rekat yang sangat baik.

Sablon Plastisol

plastisol sablon - Jenis sablon pada kaosJenis sablon yang banyak diminta dan tahan lama. Cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yg banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.

Sablon Foil

foil sablon - Jenis sablon pada kaosSablonan ini menggunakan bahan kertas logam, prosesnya yaitu dengan menggunakan press heater maka bahan kertas foil akan pindah ke kaos. Pencetakan foil merupakan metode terbaik dalam menciptakan efek metalik, akan tetapi harus extra hati-hati ketika mencuci baju bersablon foil karena daya tahan nya kurang baik.

Sablon Glitter

glitter sablon - Jenis sablon pada kaosjenis sablon yang ada butiran-butiran yang bisa menimbulkan efek shiny. Butiran-butiran tersebut ada yang halus dan ada yang kasar, tergantung dari permintaan dan keselarasan butiran tersebut dengan bahan yang dipakai. Jenis sablon ini sudah termasuk jenis yang mulai berimprovisasi, tidak hanya solid color tetapi bisa juga gradasi.

Sablon Glow In The Dark

glow sablon - Jenis sablon pada kaosJika anda menginginkan desain kaos yang unik dan berbeda dengan design kaos-kaos yang telah ada di pasaran, anda bisa menggunakan teknik sablon glow in the dark. Dengan teknik sablon glow in the dark Anda bisa mendapatkan spesial efek dari teknik sablon jenis ini yaitu dapat menyala di tempat gelap seperti ada lampunya.

Sablon Discharge

discharge sablon - Jenis sablon pada kaosSablon discharge atau cabut warna adalah sablon yang tintanya dapat menghilangkan warna kaos, dan akan mengganti warna kaos yang sudah hilang dengan tinta yang kita inginkan. Tinta sablon Discharge adalah tinta berbasis air (water based) yang diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami.

Sablon Rainbow Asplat

rainbow aspal thumb - Jenis sablon pada kaosSablon Rainbow Asplat adalah teknik sablon dimana hasil dari sablonnya akan timbul layaknya desain atau gambar yang tercetak seperti gambar 3 dimensi diatas kain plus dengan warna pelangi yang menghias diatasnya. Sablon ini masih satu turunan dengan sablon plastisol dimana teknik pada saat penyablonan saja yang berbeda.

Sablon High Density

highdensity sablon - Jenis sablon pada kaosSablon High Density adalah teknik sablon dimana hasil dari sablonnya akan timbul layaknya desain atau gambar yang tercetak seperti gambar 3 dimensi diatas kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *