pupuk kandang baru olah

Jenis dan Manfaat Pupuk Kandang bagi Pertanian

Diposting pada

Pupuk kandang menjadi salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan dalam bidang pertanian. Jenis pupuk yang satu ini cukup mudah didapatkan, apalagi jika Anda memiliki peternakan sendiri. Anda tinggal menjadikan kotoran hewan ternak untuk diolah menjadi pupuk kandang yang bernutrisi bagi tanaman.

Jenis Pupuk Kandang

pupuk jenis kandang 630x380 - Jenis dan Manfaat Pupuk Kandang bagi Pertanian

Ada beberapa jenis pupuk kandang yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, seperti yang berikut ini.

  • Dari kotoran kambing ==> pupuk kandang dari kotoran kambing memang sukar dipecah secara fisik. Akan lebih baik jika kotoran kambing dikomposkan terlebih dulu sebelum akhirnya digunakan. Pupuk yang satu ini cocok digunakan pada paruh pemupukan kedua guna merangsang tumbuh buah serta bunga.
  • Kotoran sapi ==> jenis pupuk yang selanjutnya adalah kotoran sapi yang memiliki serat tinggi. Sebelum digunakan, kotoran sapi sebaiknya dimatangkan atau dijadikan pupuk kompos terlebih dulu. Pupuk dari sapi juga seringkali disebut dengan pupuk dingin karena kandungan airnya yang tinggi.
  • Kotoran ayam ==> pupuk lainnya adalah berasal dari kotoran ayam yang memiliki reaksi cukup cepat sehingga lebih banyak diminati oleh para petani. Sayangnya, kotoran ayam bisa saja membawa bibit penyakit terutama dari jenis salmonella. Kontaminasi lainnya adalah penggunaan obat-obatan serta hormon yang bisa terbawa.

Anda bisa memanfaatkan ragam hewan diatas untuk menghasilkan pupuk kandang. Selain mudah didapatkan, pupuk kandang juga biasa dijual secara lebih murah sehingga menguntungkan bagi para petani.

Anda juga bisa bekerja sama dengan para peternak. Anda bisa meminta mereka untuk mengumpulkan kotoran dari hewan ternak untuk kemudian dijual pada Anda.

Manfaat pupuk Kandang

manfaat pupuk kandang 630x380 - Jenis dan Manfaat Pupuk Kandang bagi Pertanian

Pupuk ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Pupuk yang satu ini juga dianggap lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan produk berupa pupuk anorganik. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa manfaat pupuk kandang yang berikut ini:

  • Mencegah terjadinya erosi pada lapisan tanah yang merupakan lapisan dimana banyak mengandung unsur haranya
  • Bagus untuk menjaga tingkat kesuburan tanah terutama jenis tanah yang telah diberi banyak pupuk anorganik yang kurang ramah dengan lingkungan
  • Bagus digunakan supaya tanaman tidak mudah terserang penyakit sehingga tanaman bisa jadi lebih sehat
  • Tanaman yang diberi pupuk organik lebih sehat karena kandungan nutrisinya yang lebih lengkap dan tentunya lebih alami
  • Harga dari pupuk kandang lebih murah, bahkan bisa dibuat sendiri
  • Memiliki kandungan berupa unsur mikro yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan pupuk anorganik
  • Dapat digunakan untuk memberikan kehidupan mikroorganisme tanah yang menjadi sahabat bagi para petani karena bagus untuk menyuburkan tanaman
  • Bagus untuk memobilisasi unsur hara yang ada di dalam tanah sehingga dapat membentuk ion yang mudah untuk diserap bagi akar tanaman
  • Berperan dalam melepas hara di dalam tanah secara perlahan dan berkelanjutan sehingga dapat mencegah pemberian hara berlebihan hingga menjadikan tanaman keracunan
  • Berguna dalam menjaga kelembapan tanah berikut mengurangi tekanan ataupun tegangan struktur tanah yang di dalam akar tanaman
  • Berguna untuk meningkatkan struktur tanah agar lebih stabil atau bahkan

Dengan banyaknya manfaat pupuk kandang di atas, maka tak ada salahnya jika Anda beralih pada jenis pupuk yang satu ini. Belum lagi harganya yang murah atau bahkan bisa dibuat sendiri terlebih saat memiliki hewan ternak.

Tersedia juga pupuk organik nasa untuk membuat tanaman menjadi lebih subur dan hasilnya bagus. Sedangkan untuk menghalau hama tanaman, Anda bisa menggunakan pestisida organik nasa dengan harga yang sama terjangkaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.