pupuk organik cair

Berbagai Manfaat Pupuk Organik Cair bagi Tanaman

Diposting pada

Pupuk organik cair menjadi salah satu jenis pupuk yang banyak diandalkan dalam pertanian. Pupuk yang satu ini bukan hanya mampu memperbaiki fisik tanah, kimia, namun juga membantu dalam memperbaiki biologi tanah. Alhasil produksi tanaman juga akan bertambah dan membuat untuk petani. Selain membeli, bisa juga dibuat sendiri di rumah.

Ada banyak manfaat penggunaan pupuk organik cair yang bisa dijadikan sebagai solusi dalam pemupukan. Penggunaan jenis pupuk yang satu ini juga lebih hemat dan tentunya tak menguras kantong.

Revitalisasi Produktivitas Tanah

tanah baik 630x380 - Berbagai Manfaat Pupuk Organik Cair bagi Tanaman

Salah satu manfaat dari pupuk organik cair adalah untuk revitalisasi produktivitas tanah. Penggunaan pupuk anorganik yang dilakukan secara terus menerus menyebabkan kondisi tanah memburuk. Jika diteruskan, jenis pupuk yang demikian akan terakumulasi di tanah dan berakibat pada kurangnya hara di dalam tanah.

Berbeda jika Anda menggunakan pupuk organik, jenis pupuk yang satu ini memiliki peran dalam memperbaiki struktur tanah hingga mengurangi ketergantungan lahan pada pupuk anorganik. Efek positif yang diberikan oleh pupuk ini adalah menjadikan pupuk menjadi lebih gembur hingga mudah menyerap air.

Menekan Pengeluaran untuk Pupuk

Tanaman Penutup Tanah 630x380 - Berbagai Manfaat Pupuk Organik Cair bagi Tanaman

Manfaat penggunaan pupuk organik lainnya adalah untuk menekan biaya. Banyak petani yang lebih memilih menggunakan pupuk anorganik karena dianggap praktis. Padahal, penggunaan pupuk ini cenderung fluktuatif dan harga bisa saja naik jika ketersediaannya tengah langka. Meski demikian, petani tetap akan membelinya karena sudah ketergantungan.

Dibandingkan dengan pupuk anorganik, pupuk organik memiliki harga yang lebih murah. Alhasil, biaya operasional juga akan lebih ditekan. Alhasil, penghematan untuk pembelian pupuk juga bisa dilakukan.

Meningkatkan Hasil Produksi

produktifitas hasil tanam 630x380 - Berbagai Manfaat Pupuk Organik Cair bagi Tanaman

Manfaat penggunaan pupuk cair organik yang selanjutnya adalah untuk membuat tanaman menjadi lebih berkualitas. Bukan hanya itu, jenis tanaman yan diberi pupuk organik juga lebih segar dan enak. Daya tahan dari hasil pertanian juga lebih baik karena bisa dalam waktu yang cenderung lebih lama.

Wortel organik bisa tahan sampai dengan 3 atau 4 minggu. Berbeda dengan wortel anorganik yang hanya tahan dalam waktu 1 sampai 2 minggu saja. Sedangkan kubis organik bisa disimpan dalam waktu semingguan, sementara yang non organik hanya bertahan dalam beberapa hari saja.

Menyehatkan Lingkungan Sekitar

pupuk kompos lembang 1 630x380 - Berbagai Manfaat Pupuk Organik Cair bagi Tanaman

Seperti yang kita tahu, ada banyak sampah yang bisa didaur ulang untuk beragam keperluan. Anda bisa mendaur ulang sampah non organik untuk dijadikan sebagai biji plastik. Sedangkan jenis sampah organik, bisa didaur ulang dengan cara dijadikan pupuk kompos.

Dengan demikian, daur ulang sampah yang dilakukan masyarakat, bisa membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat. Penggunaan pupuk organik pada tanaman juga aman karena tak meninggalkan residu. Alhasil, Anda bisa lebih tenang saat harus mengonsumsinya.

Untuk mencukupi kebutuhan tanaman akan pupuk organik, Anda bisa membeli secara langsung. Salah satu pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk organik nasa. Jika diperlukan, lengkapi pula dengan pestisida organik nasa yang ampuh dalam mengatasi gangguan hama.

Selain membeli langsung, pupuk organik cair juga bisa dibuat sendiri di rumah. Anda tinggal menyiapkan beragam bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Tak perlu khawatir karena proses pembuatan jenis pupuk yang satu ini cukup mudah, bahkan bagi yang baru pertama kali melakukannya.

Untuk membuat pupuk organik cair, anda bisa memanfaatkan beragam sampah rumah tangga yang tak digunakan. Anda bisa kumpulkan dulu lalu diolah menjadi pupuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *