Sejarah dan asal usul t-shirt atau kaos oblong

Diposting pada

Sejarah kaos oblong (t-shirt)

sejarah kaos 289x300 - Sejarah dan asal usul t-shirt atau kaos oblong

T-shirt atau kaos oblong adalah jenis kaos yang memberi kesan santai dan bebas, cirinya adalah menutupi sebagian lengan, dada, bahu dan perut. Kaos t-shirt biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku oleh sebab itu kaos ini dinamakan kaos oblong. Pada awalnya kaos jenis ini memiliki leher bundar, berlengan pendek sampe sikut, Sedangkan untuk bahan biasanya menggunakan polister, katun atau gabungan keduanya. Model kaos oblong / t-shirt kebanyakan bersifat unisex atau bisa digunakan oleh jenis kelamin pria dan wanita, dapat dipakai segala golongan usia tua dan muda, bayi, anak-anak hingga remaja. Akan tetapi pada perkembangan nya menjadi sangat bervariasi mulai dari bentuk leher, panjang lengan,model hingga jenis bahan.

Pada awalnya t-shirt atau sejarah kaos oblong ini digunakan sebagai pakaian dalam tentara Amerika dan Inggris pada abad 19 hingga abad 20. Belum ada yang mengetahui secara pasti asal usul nama t-shirt di gunakan untukjenis pakaian ini. Ada dua teori dugaan yang berpendapat mengenai penggunaan nama t-shirt, diantaranya:

  • Dugaan yang paling umum adalah dengan melihat bentuknya yang menyerupai hurup “t”, jadi dugaan ini beranggapan bahwa asal usul penamaan t-shirt adalah pakaian yang bentuknya menyerupai hurup T.
  • Dugaan yang kedua adalah dikarenakan pada awalnya pakaian ini digunakan oleh militer maka dugaan nya kata “t” berasal dari kata “training” atau berlatih.

sejarah jadul t shirt 651x400 - Sejarah dan asal usul t-shirt atau kaos oblong

Ya, kita kembali flashback ke masa lalu. Masyarakat umum pada masa itu belum mengenal penggunakan kaos oblong atau T-Shirt dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, para tentara yang menggunakan kaos oblong tanpa desain ini pun ketika udara panas atau aktivitas-aktivitas yang tidak menggunakan seragam. waktu jaman itu warna serta bentuknya hanya itu dan itu-itu melulu. Maksudnya, kaos berwarna putih, dan belum ada variasi ukuran, kerah dan lingkar lengan, harap di maklum jaman batu, kite-kite belon dibikin.

T-shirt alias kaos oblong ini mulai dipopulerkan sewaktu dipakai oleh Marlon Brando pada tahun 1947, yaitu ketika ia memerankan tokoh Stanley Kowalsky dalam pentas teater dengan judul “A Street Named Desire” karya Tenesse William di Broadway, AS. T-shirt berwarna abu-abu yang dikenakannya begitu pas dan lekat di tubuh Brando, serta sesuai dengan karakter tokoh yang diperankannya. dan film Rebel Without A Cause (1995) yang dibintangi James Dean. Pada waktu itu penontong langsung berdecak kagum dan terpaku. Meski demikian, ada juga penonton yang protes, yang beranggapan bahwa pemakaian kaos oblong tersebut termasuk kurang ajar dan pemberontakan. Tak pelak, muncullah polemik seputar kaos oblong. Polemik yang terjadi yakni, sebagian kalangan menilai pemakaian kaos oblong – undershirt – sebagai busana luar adalah tidak sopan dan tidak beretika. Namun di kalangan lainnya, terutama anak muda pasca pentas teater tahun 1947 itu, justru dilanda demam kaos oblong, bahkan menganggap benda ini sebagai lambang kebebasan anak muda. Dan, bagi anak muda pada masa itu, kaos oblong bukan semata-mada suatu mode atau tren, melainkan merupakan bagian dari keseharian mereka. Perasaan sekarang juga ga sopan kalo kerja, kuliah, sekolah pakek kaos oblong, ye?

Dapat kita ambil kesimpulan tentang sejarah kaos oblong hingga pada masa sekarang, yang dulunya kaos oblong hanya itu-itu melulu pada masa sekarang kenyataannya memang kaos oblong ini jadi sangat bervariasi dari model, bahan, jenis, lengan, bentuk leher dan lain sebagainya. Tidak hanya polos akan tetapi ada yang memadukan warna, tulisan, gambar serta memadukan unsur-unsur lainnya pada kaos sehingga menjadikan kaos lebih enak di pandang. Dan ada juga pengembangan kaos yang bisa digunakan menjadi pakaian formal meskipun tidak menghilangkan kesan santai, misalnya kaos polo.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *